Kamis, 29 Desember 2011

Sinopsis Qinan


”KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENYUSUNAN DAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
DI MTS. AN-NUR DESA HANGTUAH KECAMATAN PERHENTIAN RAJA  KABUPATEN KAMPAR TAHUN AJARAN 2010/2011



SINOPSIS


Diajukan Untuk Melengkapi Sebagian Dari Tugas-Tugas Perkuliahan
Pada Materi Metode Penelitian Pendidikan
 Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam
Universitas Islam Riau


                                                                       













OLEH :



AYNUL YAQIN
NPM : 082410037





FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
 PEKANBARU
2011
BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Pendidikan merupakan investasi masa depan bangsa di mana anak bangsa  dididik agar bisa meneruskan gerak langkah kehidupan bangsa ini menjadi bangsa yang maju dan berpendidikan serta bermoral. Dengan kata lain, masa depan bangsa itu sangat tergantung kepada kondisi pendidikan.
Pendidikan adalah ujung tombak suatu negara, tertinggal atau majunya suatu negara sangat tergantung pada kondisi pendidikan. Semakin berkembang pendidikan suatu negara tersebut maka semakin besar dan majulah negara tersebut. Negara akan maju bila sektor pendidikan sebagai faktor kunci pembangunan menjadi skala prioritas. Negara besar dan berkembang meyadari bahwa pembangunan sektor pendidikan sangat perlu dinomor satukan. Dengan adanya suatu kemajuan dan perkembangan maka tenaga pendidik yaitu guru sangat berperan aktif dalam ketercapaian pendidikan agar peserta didik menjadi tumpuan harapan bangsa (Isjoni, 2007: 21).
Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus menyusun atas dasar kompetensi yang diperlukan maupun program lainya hendaknya direncanakan sedemikian rupa, agar relevan dengan kompetensi yang diharapkan. (Hamalik, 2008: 34)
Seperti yang terkandung dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003  mengenai sistem Pendidikan Nasional, pendidikan merupakan program terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya sehingga memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan untuk kemajuan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. (Wiji Suarno, 2008: 21)
Guru adalah faktor kunci penyelenggaraan dalam keberhasilan proses pendidikan. Oleh sebab itu, hal tersebut memerlukan unsur-unsur pelaksanaan atau kegiatan seperti penunjang dalam pencapaian pembelajaran salah satu faktor penunjang tersebut berupa sumber referensi atau bahan pembelajaran yang merupakan sumber utama dalam pelaksanaan pembelajaran (Tresna Sastra Wijaya, 2004: 75).
Tugas guru adalah melakukan suatu kegiatan atau  kewajiban terhadap apa yang ia laksanakan terurutama sekali dalam penyusunan dan pengembangan bahan ajar baik itu cara menganalisis, mengembangkan indikator, maupun menyesuaikan standar kompetensi dan kompetensi dasar tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Dengan demikian guru harus mempunyai daya cipta yaitu potensi atau kemampuan dalam menyelesaikan kewajibannya demi kelancaran dalam proses pembelajaran (Mulyasa, 2006: 134)
   Dalam penyusunan dan perkembangan bahan ajar guru tidak hanya berfokus satu referensi, tapi memerlukan berbagai macam sumber atau bahan pembelajaran yang lain agar pencapaian dalam proses pembelajaran lebih terarah dan berjalan secara efektif. Adapun buku-buku yang dapat di jadikan referensi tersebut berupa buku teks, majalah, koran, audio, vidio, dan yang lainya yang relevan dapat di jadikan sumber informasi yang dapat di gunakan sebagai acuan tambahan buku pegangan (Susanto, 2007: 162).
Namun dilihat dari hasil observasi awal yang dilakukan di MTs. An-Nur Desa Hangtuah Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar, guru Pendidikan Agama Islam terdapat masalah-masalah sebagai berikut:
1)      Guru Pendidikan Agama Islam di MTs. An-Nur Desa Hangtuah Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar mengalami kesulitan dalam penyusunan dan pengembangan bahan ajar.
2)      Guru Pendidikan Agama Islam di MTs. An-Nur Desa Hangtuah Kecamatan Perhentian Raja masih menggunakan satu atau dua sumber referensi.
3)      Dalam penyusunan dan pengembangan bahan ajar, guru Pendidikan Agama Islam di MTs. An-Nur Desa Hangtuah Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar dalam penggunaan bahan ajar berfokus pada buku teks, dalam penggunaan sumber atau jenis bahan ajar yang lain seperti bahan ajar audio, audio visual, maupun bahan ajar interaktif tidak dimamfaatkan.
4)      Dalam masalah yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam di MTs. An-Nur Desa Hangtuah Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar tersebut dalam penyajian memberikan bahan ajar atau materi pembelajaran terlalu luas atau terlalu sedikit. Sehingga tidak mengimbangi waktu (tidak efisien).
            Berawal dari masalah diatas, maka peneliti ingin mengatahui penyusunan dan pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam disekolah tersebut. Melalui penelitian ini, peneliti berupaya untuk mengetahui penyusunan dan pengembangan bahan ajar.
Oleh sebab itulah, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul; ”KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENYUSUNAN DAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DI MTS. AN-NUR DESA HANGTUAH KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR TAHUN AJARAN 2010/2011”

B.     Identifikasi Masalah
Sebagaimana yang telah dipaparkan dalam latarbelakang masalah ini, bahwa permasalahan pokok dalam kajian ini adalah Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penyusunan Dan Pengembangan Bahan Ajar Di Mts. An-Nur Desa Hangtuah Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2010/2011. Maka persoalan-persoalan yang mengitari kajian ini dapat diidentifikasi sebagai berikut :
  1. Kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar di MTs. An-Nur Desa Hangtuah Kecamatan Perhentian Raja  Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2010/2011.
  2. Faktor yang mempengaruhi Kemampuan guru dalam Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar di MTs. An-Nur Desa Hangtuah Kecamatan Perhentian Raja  Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2010/2011.
C.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut:
  1. Bagaimanakah Kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar di MTs. An-Nur Desa Hangtuah Kecamatan Perhentian Raja  Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2010/2011?.
  2. Apa faktor yang mempengaruhi Kemampuan guru dalam Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar di MTs. An-Nur Desa Hangtuah Kecamatan Perhentian Raja  Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2010/2011?.

D.    Tujuan Penelitian
1.      Untuk mengetahui Kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar di MTs. An-Nur Desa Hangtuah Kecamatan Perhentian Raja  Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2010/2011.
2.      Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar di MTs. An-Nur Desa Hangtuah Kecamatan Perhentian Raja  Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2010/2011.

E.     Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini adalah:
1)  Sebagai sumbangan pikiran yang dapat diperhatikan oleh pihak sekolah dalam rangka penyusunan program pengajaran dan penyediaan segala sesuatu yang terkait dengan bahan ajar.
2) Sebagai masukan dan informasi bagi pihak sekolah  maupun guru-guru terutama bidang studi Pendidikan Agama Islam tentang penyusunan dan pengembangan bahan ajar di MTs. An-Nur Desa Hangtuah Kecamatan Perhentian Raja  Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2010/2011.
3) Bagi peneliti, sebagai pengatahuan dan penambah wawasan tentang penyusunan dan pengembangan bahan ajar.
F.      Sistematika Penulisan
       Dalam penelitian ini penulis membuat sistematika penulisan sebagai berikut :
BAB I          : PENDAHULUAN    
 Bagian ini terdiri dari : Latar Belakang Masalah, Rumusan   Masalah, Tujuan Penelitian dan Mamfaat Penelitian.
 BAB II       : KERANGKA TEORITIS   DAN KONSEP OPERASIONAL
Bagian ini terdiri dari : Landasan Teoritis dan Konsep Operasional.
 BAB III      : METODE PENELITIAN
Bagian ini terdiri dari : Tempat dan Waktu Penelitian, Subjek dan Objek Penelitian, Populasi dan Sampel Penelitian, Teknik Pengumpulan Data, Teknik Pengolahan Data, Teknik Analisis Data.
BAB IV       : PENYAJIAN HASIL PENELITIAN
Bagian ini Terdiri Dari: Sejarah Berdirinya  Sekolah, Keadaan Guru, Keadaan Siswa-Siswi, Kurikulum, Sarana dan Fasilitas, pengolahan data dan Analalisis Data.
BAB V          :  PENUTUP
                        Bagian ini terdiri dari: Kesimpulan, dan Saran-Saran.
DFTAR PUSTAKA
DAFTAR PUSTAKA


E, Mulyasa, Kurikulum Yang Disempurnakan, PT. Remajarosdakarya, Bandung, 2006.
Isjoni, Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan, Yayasan Abar Indonesia,    Jakarta, 2006.
Oemar Hamalik, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, jakarta, Bumi Aksara 2008.
Susanto,  Pengembangan KTSP Dengan Perspektif Manajemen Visi, Matapena, Jakarta, 2007.
Tresna Sasra Wijaya, Pengembangan Program Pengajaran, Rineka Cipta, 2002.
Wiji Suarno, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Ar-Ruzz Media, Jakarta, 2008.












                                                                                   


1 komentar: